Friday, March 30, 2012

catatan seorang pendamping : tugas yang penuh berkah


Suasana yang sama di ujung pulau ini, sarana dan fasilitas yang serba terbatas menjadi salah satu tantangan gw kerja disini. Bagi yang belum tahu, kalo gw saat ini sedang bekerja untuk Program Pemberdayaan Ekonomi masyarakat Dompet Dhuafa yang bekerjasama dengan PT Arutmin Indonesia, salah satu perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia. Walaupun gw bekerja diareal tambang senakin milik arutmin tapi fasilitas yang diberikan berbeda jauh karena atas gw ya DD tadi. Ya ga pa2 lah, hitung2 cari pengalaman dan tambahan rezeki yang udah di kasih sama Alloh.
Har ini seperti biasa gw harus ke lapangan lokasi desa binaan gw, seharusnya sih tidak terlalu jauh kalau gw menginap di lokasi desanya, tapi karena bos gw lagi ke Jakarta, jadi gw sementara tinggal dikantor aja  (kantor skalian jadi rumah).  Dengan sepeda motor “ranger putih” gw berangkat melewati jalur tambang yang berdebu berdampingan dengan truk2 besar pengangkut batubara, bayangkan aja bannya aja setinggi rumah. Karena sudah biasa ga kaget lah, bahkan
sudah bisa nyalip (no safety ride), jangan ditiru deh, bahaya..  jalur tambang ini setidaknya harus gw lalui selama 15 menit dengan kecepatan 80km/jam. Bebas macet lah pokoknya. Setelah keluar jalur ini gw baru masuk ke jalan kampong berbatu selama 20 menit, jalan yang ini tidak menyenangkan, ga bisa ngebut dan bergelombang banget, perbaikan yang sering dilakukan hanya tambal sulam, eits jangan bayangkan aspal ya, susah nyarinya jalan aspal disini. Tapi gw senang melaluinya, karena dengan perjalan ini penuh dengan suasana kesejukan. Ya awalnya gw bisa ngbut2an trus masuk kampong menyapa semua orang, walaupun ga kenal semua.
Balik lagi ke kampong, hari ini gw rencananya Cuma mau jalan2 aja. Sampai di desa, dan rumah gw di desa itu, gw langsung ke ladang, tujuan awal jalan2 hari, merka pasti lagi pada disana, di ladang gw melihat pemandangan susasana pedesaan banget dengan lahan pertanian padi ladang dan padi sawah. Gw mau lihat kawan gw yang lagi nanam di sawah, untuk kesana gw harus melewati kandang sapi, yang juga merupakan program binaan gw, sapinya jelas pada takut, beberapa kali gw ke sana selalu bawa alat suntik, jadi kalo gw ke sana lagi udah disangka dokter hewan kali ya sama tu sapi, dan siap nyuntik mereka,, aerghhh.. ha ha.. di kandang itu ada 4 ekor sapi, udah besar banget sejak pertama  di datangkan, luas kandangnya mungkin hanya sekitar setengah hektar dengan menggunakan pagar dari kayu2 potongan dari hutan. Bau tai sapi? Ya pastilah, namanya juga kandang sapi, kalo bau tai ayam namanya kandang ayam,,
Balik lagi ke cerita, kawan gw ini sebelumnya udah nanam padi ldang, bibit karet, dan kacang tanah, jadi kalo ke lokasi sawahnya gw harus melihat lahan tadi, sungguh super banget dah, karena gw juga udah persiapan berlagak petani, pakai sepatu bot segala, keren lah, sat gw datang, kawan gw sedang menyemprot  menggunakan racun rumput disawahnya, biar ga menggangu pertumbuhan padi. Gw sempet ngobrol2 tentang rencana kami ngebuat rumah pohon, ya bekas pohonnya udah siap tapi belum ada waktu mengolahnya, masih sibuk nanam katanya. Basa-basi nanya tentang pertanian dan sekitarnya, akhirnya gw menarik diri pergi ke pondok, daripada ganggu dia kerja, dan dijanjikan setelah kerjaannya selesai saatnya panen kacang,, lumayan dapat kacang rebus gratis. Sambil nunggu di pondok, ga lama adiknya datang bawa pancingan, berarti saatnya mancing deh. Di dekat sawah itu ada usngai yang kecil, dan lumayan ikannya kecil2 juga, ha ha.. Kebiasaan di desa, beras itu insyaAlloh banyak aja, ga habis setahunan, nah kalo mau makan aman aja, tapi kalau mau enak makan ditemanin ikan ya harus mancing dulu, kalo perlu sayur, cari deh di hutan. Itu sudah gw lakukan semenjak pertama kali datang disini, usaha dulu baru deh makan. Pancingan hari ini untuk makan isang kami sepertinya. Oke gan selamat mancing dah..
Selesai semua kegiatan semprot tadi, gw akan diajak panen kacang tanah, tinggal cabut batang daunnya, udah ada 20-30 bongkah kacang tanah, ya paling tidak untuk cemilan hari ini kami mencabut 30 batang aja, eh itu udah lumayan banyak loh. Pisahkan kacang dari tanah dan batangnya lalu bersihkan, saatnya direbus. O iya disini bahan bakar utama jelas kayu bakar, jadi ga berpengaruh kenaikan BBM, mulai2 rebus, sambil menunggu dimulai dengan obrolan ringan, ya kerana laki2 semua gw buka dengan bahas lawan jenis, menarik dan cucok banget deh boo.. gw kasih liat aja foto cwek yang gw download dari fb, udah aneh2 aja nanya kawan gw cantik2 yah, padahal gw sendiri ga tau poto sipa itu,, hihi,, obrolan berlanjut sambil makan kacang rebus, nyumi lah, ditemanan the manis hangta, menambah bersahaja saja obrolan kami. Obrolan berganti ke serius setelah  abah mereka datang, membahas permsalahan desa, dan minta pendapat gw, berlagak sok tau, salah satu jawaban gw “pak kalo mau jadi pejabat desa itu harus jujur, pertama kali naik jadi pejabat desa mulai deh berika yang terbaik buat warga, kunjungi rumah warga, traktir makan kek, biar orang pada segen sama bapak, ya setidaknya 3 tahun selama menjabat, sisa 2 tahun lagi ya terserah bapak, semua pasti aman deh,, “ (semoga ajaran gw bener,, he he)
Lupa nian diriku kalo hari ini hari jumat, karena matahri semakin naik diatas kepala, kami harus pulang siap2 solat jumat, yan semog solat jumat tadi ga semua orang denger dengkur gw,, hehe, habisnya ngantuk banget boo, gw aja mpe lupa khotibnya bahas apa tadi, tapi ya sudah lah, semoga Alloh menerima pahala soalat jumat gw. Nah acara yang ditunggu2, makan siang, asik2 lapar banget setelah seharian maen di ladang tadi. Betul kan, nasi sebakul ditemani ikan goring hasil pancingan tadi, karena ga ada sayur, ya biar berkuah ada mie rebus sebagai pengganti. Lahap dah, habis atu bakul, hee. Sambil makan ada aja jandaan dari sang abah dang w pun ga kalah menambahi,, mantaplah.. gw mau lama2, sebaiknya habis makan gw langsung pulang aja, sesuai dengan ilmu klimatologi yang gw dapat waktu kuliah walaupun nilanya D, gw bisa memprediksi akan turun hujan, kalau hujannya sampai sini, maka gw akan bertahan lama disini. Dengan modal prakiraan tadi gw pamit pulang biar ga kejebak hujan. Sambil mengendarain motor, sedikit2 gw liat ke atas, awannyanya kok mulai dekat ya, eh memang rezeki gw, akhirnya tu hujan turun juga, malas berhenti terpaksa gw lanjut dengan akhirnya gw basah kuyub, hadoh dingin banget lagi, selepas jalan kampong, eh ternyata dijalan tambang pas didepan gw ada doli/truk gandeng bermuatan batubara, berdasarkan SOP tambang, truk gandeng itu ga boleh di salip, apalagi hujan, bahaya namget, jalan licin bisa2 keprosok ke bawah truk nanti,, ih serem, terpaksa gw pacu motor hanya 50km/jam, udah hujan, jadi ga bisa buru2 deh,, tapi ga pa2 lah, hitung nyuci motor kalo hujan gini mah.. perjalan dijalan tambang itu gw lalu dengan waktu tempuh 30 menit. Lebih lama 2 kali lipat dari biasanya, tapi aman samapi rumah lah, walau basah kuyub dapat cerita menrik untuk hari ini. Dan yang pasti mengabdi ke masyarakat banyak muhasabahnya untuk terus bersyukur.  Mengabdi dengan hati akan membuahkan hasil yang manis.cucok banget ga c, ya semoga aktivitas gw hari ini penuh berkah dan didoakan banyak orang. Amiin. Tungguh kisah seorang pendanmping selanujtnya ya. (dek)

No comments:

Post a Comment