Sunday, March 25, 2012

sayang dilewatkan, wisata kotabaru,,

Hai guys,, gw mau bagi cerita sedikit ttg pengalaman gw jalan2 dikotabaru,, ya pada dasarnya setiap kota memiliki lokasi wisatanya masing2, nah kebetulan gw tugas di kota ini, so mari baca cerita gw,,

"Kotabaru gunugnya bamega,,," inget lagu itu guys, kalo ga salah gw dengar lagu itu ditahun 90an,, dn ga nyangka sekrg gw ada dikota ini,, yup kotabaru adalah salah satu kabupaten yg terletak dikalimantan selatan, kabupaten yg memiliki pusat kota yg dikelilingi oleh laut, ya karena merupakan pulau kecil yg terpisah dri pulau kalimantan, pulau laut,, kabupaten yg sebagian besar merupakan wilayah tambang dn hutan ini bnyk lokasi eksotik pantai tentunya yg menarik untuk dikunjungi,,

Kali ini memang tidak bnyk gw kunjungi, sekitar 3 lokasi, dn menurut gw sayang kalo lw lewati jika berada dikota ini,, bagi lw semua yg belum pernah sama sekali naik kapal cepat, so lw bisa naek kapal cepat ini ke lokasi tambang di pulau kalimantan, ya cukup menarik, , tpi cerita gw ga ke situ, kita balik lgi ke kotabaru,, he he,, jadi lokasi wisata yg akan kita kunjjungi adalah pantai sarang tiung/gedambaan dan wisata kota siring laut,, titik awal gw berangkat berada dipelabuahan speedboat kotabaru, ya karena seblumnya gw harusnyebrang dulu dengan kapal laut,,

Hari pertama yg gw kunjungi saat itu adalah langsung menuju lokasi pantai, ya dengan jarak yg tidk begitu jauh hanya skitar 15km sajan lw bisa mencampai lokasi dengan kendaraan umum, seperti angkutan pedesaan kotabaru-berangas, ya tpi agak sulit karena unitnya terbatas, atau lw bisa sewa mobil, cari kenalan buat tebengan, atau bawa mobil probadi, tapi sebenarnya yg palingg nyaman kalo lw bingungg, mendingan lw naik ojek aja, dengan hanya membayar 30rb rupiah sekali jalan lw bisa langsung sampai dilokasi, atau biar lebih nyaman, karena kalo pulngnya akan sulit cari ojek, sebaiknya lw bisa sewa saja motor tukang ojeknya,, mereka sangat percaya dengan org dn tinggal bilang saja mw sewa, dengan harga 60-70rb seharian sampai sore atau tinggal tambah 20rb lw bebas make sampe malam kemana aja,, (knap mereka mudh percaya? Ya karena pulau ini kecil kawan, lw ga akan bisa kaburr Ke mana2,, "̮ћϱћϱ ћϱћϱ"̮ ) lanjut lagi,, selama perjalanan lw akan menyusuri sepanjang pantai di dua desa, yakni desa sarang tiung dan desa gedambaan,, dipinggir2 jalan2 bnyak org2 penjual buah, pastinya disesuaikan musimnya, saat gw kesana lgi musim langsat dn laiy,, sekitar 20mnt perjalan lw akan sampai dilokasi wisata pantai gedambaan yg sudah dikelola,, tpi sebelumnya akan melewati kolam salah satu kantor perusahaan tambang terbesar disini, dn akan melewati kolam pemandian air panas,,*balik lg, setelah sampai di pantai gedambaan, dengan hanya membayar tiket masuk 5rb rupiah lw bebas lari2n disepanjang pantai (tpi tetep pake celana ya :D) pantai dengan pasir putih, dn pemandangan kotak penangkap ikan (gw lupa namanya) dn dibalik lw berdiri tegak gunung bamega, ya karena lokasi pantai ini tepat berada dibawah kaki gunung,, panitai ini pun telah tersedia warung makan, es kelapa muda (kalo daun muda gw ga tau) resort yg lw bisa sewa seharag 100rb-150rb per malam, dan pastinya ada wc umunya ( ga penting),,

Lw bisa berenang dipantai ini sepuasnya, bakar ikan, atau menyusuri beton pembatas ke tengah laut,, uuhh pasti seru, diujung beton pembatas lw juga bisa mancing ikan,, diujung pantai ini pun mash bnyk terlihat hutan mangrove yg rapat,, dn memiliki pesona tersendiri,, sebenarnya tidak hanya dilokasi itu, tepat disebelahnya juga ada areal pantai tpi dikelola oleh masyarakat setempat, jdi seadanya, tpi yg menarik lokasi kedua ini lebih alami,, o iya jangan pergi sendirian or cuma berdua dn tmn lw ya (apalagi laki2) sebaiknya ramean biar tambah seru, atau berdua dengan pasangan lw biar tambah lengket,,

Sebenarnya di sepanjang jalan tdi di desa sarangtiung dn desa gedambaan lw bisa mampir dilokasi pantai manapun yg lw pilih, ya maksudnya dipinggir jalan lw akan menemukan bnyk bnget jakan setapak yg cukup dilalui sepeda motor, jalan itu menuju lokasi pantai, yg pastinya lebih private dn lebh alami,, ya jgn lupa permisi2 dengn masyarakat sekitar,, atau yg lebih eksotik lagi sekitar 2km dn pantai gedambaan tdi ke arah berangas, disitu juga banyk banget lokasi pantai yg mash virgin dn pemandangan yg sangat indah,, wuiihh,kerenn bget lah,, (jgn lupa cari jalan setapakanya ya,,) puas dengan lw menyusuri pantai, foto2, liat pemandangannya, jgn lupa pulangnya beli buah ya,, is time sebelum menjelang sore sebaiknya lw segera kembali ke pusat kota dn mencari ke penginapan, ya saran gw sebaiknya lw memilih penginapan yg terletak tepat di depan alun2 siring laut ( sebelah gedung dprd) ya karena penginapan ini langsung berhadapan dengan pemandangan laut (dekat pelabuhan) lw bisa liat kapal2 yg bersandar besar kecil,, indah baget,, dn yg penting harga penginapan ini murah coy,, dgn harga 100-150rb lw udh bisa dpt kamar dgn fasilitas 2 bad, ac, tv, kamar mndi dalam, dn snack,, atau jika ingin lebih murah juga ada min40rb,, ya tpi fsilitasnya juga dibawah itu,, setelah gw beres2 badan dn istirahat sejenaknya, tepat sore hari, pas didepan penginapan lw di alun2 siring laut sudh berjejer warung2 tenda makanan, dn pedangang lainnya yg tumpah ruah laiknya pasar malam (biasanya ramai ketika malam minggu/libur/hari jadi) disini lw bebas memilih menu masakan laut, dn berbelanja pernak2 atau oleh,, dn lokasi makan lw bisa mengambil posisi di tepat dipinggir pelabuhan, karena akan lgsung disuguhi pemandangan laut, dn sunset,, kereenn bget lah,, puas2in deh lw disitu mpe malam,,, o iya disiring laut ini ada patung ikan (bawal kalo ga salah) kyk patung ikan di singapore gitu,, wkwk,,jgn lupa foto2 disana ya, dn  semoga lw dpt sesuatu yg menarik ya,, selepas lw puas dimalamnya lw bisa istirahat dipenginapan lw untk memulai kembali pertualanga esok harinya,, eitss, jgn macem2 ya, sebaiknya lw jgn membawa siapa2 yg bukan muhrim ke dalam kamar lw,,krna apa, ya krena biasanya tiap malam minggu/libur atau pas lgi ada acara kota, pasti ada razia ke hotel/penginapan, so kalo lw mau aman mending jgn or dtg aja di hari biasa,, (pengalaman gw bebrpa buln yg lalu),,

HuaAmm,, pagi dtng, biasanya hari libur gini banyak muda-mudi yg lari pagi dn berkumpul di alun2 siring laut tdi, so jgn mpe ketinggalan lari paginya ya,, pasti lw ga bakalan ngantuk lgi,, menu sarapan yg menarik pgi2 ini, cukup dengan nasi kuning, bnyk kok penjualnya,, menjelang siang sebaiknya sedikit berkeliling pusat kota, bisa berjalan kaki or lw bisa berkeliling dgn naik becak,, berasa turis beneran dah,,suasana pusat kota yg tidk terlalu luas dengan bangunan2 2 tingkat model jaman dulu msh berdiri kokoh,, dn dipemberhentian berikutnya adalah pusat perbelanjaan limbur raya,,, jgn berpikir pusat perbelanjaan itu adalah mall ya,, lw salah besar krn pusat perbelanjaan ini laiknya pasar anyar dibogor,, ya gedung yg berdiri 2 lantai ini, dipenuhi penjual pakain dn toko emas, tpi yg lebih menarik, sebaiknya lw menyusuri pasar tradisional dibelakangnya,, wuiih pemandangan yg khas, palagi dekat banget lokasi pasar dengan laut,, itu bisa jadi akhir perjalan wisata kota gw hari itu dn buat lw nanti,, dn pastinya tidak akan terlupakan pengalaman wisata gw selama 2 hari ini,,

Guys gw tunggu ya kedatnagn lw dikota ini, ya kalo lgi mampir atau ditugasin disini sebaiknya jgn lewatkan pula wisatanya,,

*thx ya udh baca, dn tunggu cerita gw diperjalanan selanjutnya,, :) (dek)