Monday, March 26, 2012

Serial games: Pesan Berantai!

Garis besar
Latihan ini dirancang utk menunjukkan bagaimana pesan dapat mengalami distorsi.

Tujuan
1.  Menyadarkan peserta bahwa pesan yg disampaikan bisa benar-benar menyimpang dari pesan yg sebenarnya.
2. Menunjukkan kepada peserta bahwa mereka perlu memperbaiki ketrampilan berkomunikasi dan mendengar.

Waktu yg dibutuhkan
5-10 menit.

Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi perlu dipecah menjadi subkelompok yg terdiri dari 8-10 peserta.

Materi yg dibutuhkan
Fotocopy 'Cerita' utk masing-masing kelompok.


Prosedur
1.      Katakan kepada peserta bahwa cerita bisa bercampur aduk apabila ketrampilan berkomunikasi dan mendengar tidak dipakai.
2.      Bagi peserta menjadi subkelompok yg terdiri dari 8-10 peserta.  Para peserta dalam subkelompok ini duduk bersebelahan tapi terpisah sejauh satu meter.
3.      Orang pada baris terdepan diberikan fotocopy 'Cerita' utk dibaca dalam hati.
4.      Setelah beberapa menit, mereka diminta utk menyampaikan cerita itu (secara lisan, tapi berbisik agar peserta yg lain tidak dapat mendengarnya) kepada anggota subkelompok di sebelahnya.
5.      Hal ini diulang oleh seluruh anggota, secara bergantian mereka menyampaikan cerita yg baru saja didengar kepada anggota subkelompok berikutnya.
6.      Setelah pesan sampai ke anggota subkelompok terakhir, mereka harus memberitahukan seluruh peserta versi akhir dari apa yg telah dikatakan kepadanya.

Poin diskusi
1.      Seberapa mirip versi akhir dengan cerita sebenarnya?
2.      Apakah hal seperti ini terjadi di tempat kerja?

Variasi
1.      Anda dapat memberikan cerita yg berlainan kepada masing-masing subkelompok.  Setelah masing-masing anggota subkelompok yg terakhir memberitahukan apa yg mereka dengar dari anggota kelompoknya, maka anggota pertama segera membacakan versi aslinya.
2.      'Cerita' yg sama dapat dipakai utk seluruh peserta dalam membentuk rantai komunikasi.
3.      Ajak seorang peserta dari masing-masing subkelompok keluar ruang pelatihan dan bacakan 'cerita' kepada mereka utk disampaikan kepada anggota lainnya.
4.      Tulislah cerita yg berbeda dan lebih relevan utk masing-masing peserta pelatihan.
5.      Anda dapat memberikan tingkatan organisasi yg berbeda kepada para peserta utk merepresentasikan pesan (misalnya General Manager hingga  Floor Staff).  Jika hal ini telah dilakukan, masing-masing peserta dapat memberitahukan kepada peserta pesan yg telah diterimanya dari orang terakhir kembali ke orang pertama.
 

Catatan trainer

 

Contoh Cerita


Pesan utk:   General Manajer
Dari:            Managing Director

Besok sore sekitar pukul 7.30 malam, kembang api akan dinyalakan di sebelah timur Jembatan Pelabuhan Sydney.  Peristiwa ini hanya berlangsung satu kali sebelumnya yaitu pada tanggal 26 Januari 1988.  Sebagai tanda niat baik kita kepada karyawan, Saya ingin Anda menyiapkan bis utk membawa seluruh staf Anda ke balkon Sydney Opera House di pinggir sungai supaya mereka dapat melihat pemandangan spektakuler dari peristiwa tersebut.  Sebelum kembang api dimulai, Saya telah mengatur agar salah seorang perancang kembang api tersebut, Nona Sparky Burner, memberikan garis besar kepada para staf kembang api apa yg sedang diluncurkan.  Ini akan dimulai pukul 6.30 tepat di atas balkon.  Kalau-kalau hari hujan, kembang api akan dibatalkan.  Jika ini terjadi, tolong atur agar para staf ditempatkan di dalam kafetaria di lantai satu hingga pukul 7.15 supaya film kembang api sebelumnya dapat diputarkan sebagai gantinya.
(sumber :100 training games)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment