Sunday, April 1, 2012

BERISIIK, GW MAU TIDUR!! caranya?


Gw yakin lw semua pernah merasakan ini deh, dengan kondisi yang melelahkan, capek seminggu dikejar target kerja, dan akhirnya lw senang banget, karena bos lw berbaik hati ga ngasih lw lembur malah ngasih waktu lw buat libur, ya walau sehari. Gw yakin waktu libur itu lw akan gunakan tidak lain tidak bukan lw gunakan untuk istirahat,, dan lw akan berikrar “gw Cuma pengen istirahat seharian!!”
Persiapan2 udah lw lakukan, paginya lw akan mempersiapakn perlengkapan kerja lw buat esok harnya, biar istirahatnya tenang, gamikirin kerjaan, lw udh makan pagi yang banyak, ga peduli dengan kondisi kosan lw yang berantakan, bahkan lw aja ga mandi pagi, duduk di sofa empuk atau tiduran dikasur springbed lw sambil nonton tivi, melepas stress, gw yakin lw juga ga akan focus nonton tivi itu, lw Cuma sekedar melemaskan otot2 yg kaku, sambl gunta-ganti chanel tv ga jelas nonton apa, mungkin Cuma pengen liat iklannya aja kali ya. Seruput ice lemon squash yang seger karena keliatannya gerah banget, atau lw menyeruput coklat panas kalo lagi cuaca dingin. Cemilan2 berantakan berserakan disekitar tempat tidur lw, menemani waktu lw istirahat,..
nah saat semua sudah lw lakukan, perut kenyang, otot2 sudah lebih santai, otak lw udah lebih refresh, nah saatnya lw mengistirahatkan diri lw untuk tidur siang,, uhh nyamannya tidur siang. Lw tidur di kasur yang empuk, sambil ngebayangin hal-hal indah yang udah lw alamin seminggu kemarin (bukan nglamun jorok ye).. lw akan melakukan tidur sesuai tahapan REM (baca: circadian rhythm, melirik pola hidup sehat). orang2 yang mendengar dan melihat lw akhirnya terdiam sesaat, ya sekitar sepuluh detik, dan akhirnya mereka
ketawa sekenceng2nya,, terang aja mereka ketawa, , ternyata lw lupa kalo tetangga disebelah rumah lw lagi ngadain hajatan, nikahan, yup nikahan yang ada organ tunggalnya, penyanyi bahenol dan menggoda, soundsystem yang besar 2500 watt. Orang2 hanya melihat lw dan tertawa terbaha2 melihat kondisi lw yang memprihatinkan, yang lw liat orang2 yang rapih, berjas atau berbatik ria, lah wong lagi ngehadirin pesta nikahan. . ya kalo nikahnnya malam2 dan dangdutannya biki berisik, mungkin sekampungan yang marah2, malam kan waktu istirahat, tapi kalo siang itu tidak ada aturannya kan, hemmm lw mendadak sadar dan malu, lw berlari lagi ke dalam kamar lw dengan diantar tawa tadi, lw langsung loncat ke kasur lw dan berusaha tidur kembali dengan menutup telinga lw sekali lagi dengan bantal, usah yang sia-sia, berisik diluar tetap lw dengar.)  nah disaat masuk ke tahapan 2, lw mendengar suara2 berisik yang awalnya lw cuekin karena suaranya kecil,eh lama2 makin jengkel suaranya semakin besar, lw berusaha tutup kuping lw pake tangan, tapu suara dengan decibel tinggi tetep masuk ke gendang telinga lw, lw berbalik badan, meraih bantal sebagai tambahan untuk menutup telinga lw, tapi apa yang terjadi, celah2 kain dan busa bantal lw juga ga bisa menahan kuatnya suara itu, yang semakin terasa memecah gendang telinga,, sungguh keadaan yang tidak nyaman, lw sudah sangat lelah banget bahkan usaha terakhir lw untuk menyumpal telinga lw dengan potongan kain, ditambah menutup telinga lw dengan bantal, tapi kesunyian itu tetap tidak lw dapat, dan mengganggu tidur siang lw. Akhirnya lw naik pitam, kepala lw yang penat sudah tidak bisa menahan emosi,, lw tidak sadar dengan rambut yang acak2an, pakain yang lw pakai berantakan, lw keluar rumah, lw berjalan ke halaman depan kosan lw dan lw teriak “WOIII,, BERISIIIK, GW MAU TIDUR!!!”
Usaha tidur yang sia2, akhirnya lw pasrah dengan meratapi nasib, lw mencoba menerima nasib ini dengan lapang dada. lw berbaring terlentang, menarik nafas panjang dengan penuh keikhlasan, “ya sudah lah, emang nasib gw”. Tanpa lw sadari otak lw juga sudah mulai relax, otak lw sudah bisa mnyesuaikan diri untuk menjadikan berisik diluar kosan lw sebagai sebuah lagu pengantar tidur yang indah mengalun, seperti lagu greates love of all .. dan lw akhirnya mulai ternsenyum, lw mulai mengantuk, matamu mulai memejam, lw akhirnya masuk ke tahapan REM 3. Lw mulai tidur seperti terhipnotis, dan benar akhirnya lw tidur dengan nyenyak, bahkan disiang hari itu lw bisa juga mimpi, ya walaupun mimpi aneh juga, lw mimpi menjadi penyanyi dangdut dihajatan pernikahan, lw mencicipi makanan di lokasi pernikahan, dan mimpi itu yang menemani tidur nyenyak lw di siang hari itu.

Pesan moral:
-          Liat dulu sekitar lw sebelum lw teriak2, nanti malah malu sendiri
-          Saat lw mau tidur jadikan kondisi disekitar lw, baik itu berisik, ramai, sebagai sebuah pengantar tidur yang indah.
-          Yang melakukan itu adalah otak lw, jadi biarkan otak lw yang bekerja untuk membuat tidur lw relax sesuai dengan tahapan REM (dek)

No comments:

Post a Comment