Thursday, April 5, 2012

“jeburr” di sawah.

Hari ini sesuatu hal yang tanpa gw duga terjadi, ya tapi seru dan menyenangkanlah,bakalan  jadi cerita yang menarik nih. Sebenarnya sih hari ini gw ga merencanakan untuk berkunjung ke masyarakat, pengen istirahat, 2 hari kehujanan pengennya sih istirahat. Tapi ya karena hari kerja dang a enaknya juga sama bos gw, jadi gw berangkat juga deh ke lapangan. Dari rumah tempat tinggal gw yang juga dijadikan secretariat program, dari gw berangkat sampai ke jalan tambang gw masih bingung mau ke mana, gw pikir gw pergi dulua aja deh, kelilingi jalan tambang trus balik lagi istirahat. Ah tapi paling ngabisin waktu 1 jam. Gw pikir2 lagi kayaknya sebaiknya gw berkunjung ke rumah mitra aja deh. Gw berhenti dipinggir jalan untuk menelpon mitra gw, kira2 ada ga ya dia dirumah, setelah gw tepon ternyata di lagi di sawah. Karena gw juga sudah pernah ke sawahnya jadi mendingan gw sambangin aja ke sana.
Berangkatlah gw dengan santai melalui jalur tambang yang lebar dan bebas hambatan, kali ini gw hanya memacu kendaraan 50 km/jam. Lebih santai dari biasanya. Selama 50 menit perjalanan, gw nyampe di rumah mitra tersebut, dan langsung ke lokasi sawahnya yang berada tepat dibelakang rumahnya. Ternyata eh ternyata air di sawag itu naik, banjir kira2 sepinggang deh, ya sawah2 di sini belum teratur memang, belum ada pematang yang bisa dilewati, sistem irigasi belum ada. setelah 2 hari lalu diguyur hujan, ya lokasi sawah ini pasti banjir, airnya ada yang sampai sepinggang. Sawah diareal ini cukup luas, sekitar 30 hektar yang
terbagi dari beberapa masyarakat, kalo ga salah ingat, yang ditanami padi sekitar 10an hektar, sisanya sudah ditumbuhi rumput atau semak2. Sejauh mata memandang sih indah banget, langit itu berasa deket, karena haparan luas yang kosong dari pepohonan, yang ditengah2nya berdiri pondok2 para petani. Menuju ke sawah ini gw harus melewati jembatan kayu yang dibawahnya terdapat sungat selebar 3 meter. Sampai diujung jembatan, ysebelum gw masuk ke areal sawahnya, gw sudah persiapan, alat2 elektronik, seperti hape, kamera gw simpen di tas, kali aja gw kepleset dan basah. O iiy pematang sahnya diganti dengan batang kayu ulin selebar ukuran kaki, ke pleset ke kanan atau ke kirinya udah pasti basah karena air campur air, apalagi dibeberapa lokasi bisa sepinggang dalamnya. Sawh mitra yang akan gw kunjungi jaraknya kurang lebih 500 meter lah, melewati batang kayu sepanjang itu harus benar-benar jaga ke seimbangan, kalo gay a, basah dah. Gw sih berharap ga ke jebur karena gw ga ada persiapan apa2, apalagi dandanan gw saat itu lagi keren banget  karena gw pikir sawahnya ga akan banjir, tapi ya sudah lah, gw lalui juga tantangan ini. Saat pertama gw injak kayunya, gw sih yakin ga akan jatu, perlahan gw lewati masih aman, 50 meter masih kering, siplah, kering aja nih, eh setelah di 100 meter kayu2nya terasa licin juga nih, karena kayunya terbebani dengan badan gw, tuh kayu melengkung, semakin koyang juga nih kayu, palagi areal itu  air semua, gw berusaha diam sejenak, menjaga keseimbangan. Tapi emang udah jodonya kali gw harus basah, saat langkah kaki pertama gw mau jalan setelah diam tadi, gw keplesaet dan licin,, jebuur,, air sepinggang, dompet basah, untung hape udah gw pindahin tadi. Huuf,,
Ya karena sudah kepalang basah, udah tanggung aja gw jalan seenaknya, mau kepleset lagi dan basah juga ga pa2, udah tanggung basah. Perjalanan yang melehkan juga ternyata, karena setelah melewati kayu tadi gw harus berjalan dengan kaki terbenam lumpur, sepatu boat gw udah ke isi air tadi, semakin berat aja jalan. Maklum udah setahun ini jaarang jalan kaki, jadi cepet capek. He he.. setelah gw sampai ke lkasi sawah mitraku itu gw langsung disambut dengan tawa, mungkin katanya  “ ni orang kota mau juga ya ke sawah” ya iyalah, kan gw juga sering main lumpu2an waktu kuliah. Waktu ospek,, ha ha. Dilokasi itu ada sekitar 8 orang yang sedang menanam padi, meraka diminta yang pemilik lahan untuk membantu, ya kegotongroyangan warga masih erat disini. O iya kalo menanam benih padi yang sudah disemai kalo disini disebut “betanjang”. Cara nanamnya tidak teratur seperti dijawab, asal tancap aja, jaraknya dikira-kira aja. Trus nanamnya juga ditugal dulu, pake kayu ulin yang bentuknya keren banget lah. Kenapa harus ditugal, kan sawah tanahnya gembur? Ini karena pengolahan tanahnya tidak juga baik, walau basah, masih banyak bekas rumput, jadi ga langsung ke tanah, harus dilubangi dulu pake alat tugal tadi. Nah udah semua basah tadi, gw langsung ikutan gabung aja, ikutan bantu nanam, ya ga banyak juga sih, jalannya susah juga, tenggelem di lumpur, sampe2 gw sempet jatuh lagi tengkurep karena ke sangkut rumput dalam rumput, jadi aja di ketawaain laki, semua baju, wajah, basah semua dah. Seru jug tapi, akan jadi cerita yang menarik nih,, gw sih ga lama2 nanamnya, daripada ngerusak tanamannya, karena gw nanam asal aja,, he he.. gw istirahat di pematang kayu tadi sambil disuguhi kopi, uhh enaknya, di sawah aja masih bisa dijamu lho.  Gw ngobrol sama mitra tersbut, kenapa cara tanamnya beda kayak dijawa, yak arena menjadi kebiasaan dari orang tuanya dulu, dang a ada yang ngajarin lebih baik. Dari dinas terkait juga belum ada yang melihat katanya. Ya gw sih sebagai pendamping masyarakat untuk program yang lain hanya bisa menyarankan  cara tanam, buat pematang dan sistem irigasi. Tapi yang berwenanglah yang seharusnya melaksanakan dan mengarahkan. Emm sutralah.
Setelah 1 jam gw ngobrol cma melihati yang lagi nanam. Setelah mulai tengah hari, kami beranjak pergi untuk pulang ke rumah, ya lagi2 harus lewat di pematang kayu yang kecil itu, dang w pun ke pleset dan jatuh lagi. Hadoh ga bakat deh. Sampai diujung pematang dan melewati jembatan sungai tadi, berakhir lah kegiatan gw bersama mitra yangpenuh cerita menaraik, walaupun ga diduga2 aja.. nah itu cerita gw hari ini, bagaimana dengan ceritamu,? Dan tunggu cerita gw selanjutnya ya . (dek) 

No comments:

Post a Comment